Minggu, 29 Juni 2014

LAPTOP PERTAMA DIDUNIA



Di tahun 1970-an gagasan komputer pribadi yang portabel pertama kali dipikirkan oleh Alan Kay di Xerox PARC. Orang ini bahkan maju ke depan dan menerbitkan gagasan itu. Gagasan itu segera disambut oleh yang lain, yang akhirnya disepakati nama untuk proyek laptop pertama adalah Osborne1. Pertama diproduksi pada tahun 1981 oleh Adam Osborne, seorang yang bekerja di penerbitan buku, beratnya sekitar 11 kg. Raksasa ini dilengkapi dengan layar monitor 5-inci, kelihatan seperti sebuah ponsel yang berukuran raksasa, layar yang kecil dalam sebuah mesin yang besar.

Osborne1 menggunakan sambungan listrik dengan baterai cadangan opsional, serta menggunakan dua floppy drive ukuran 5 ¼ inci, modem port, keyboard, baterai pack dan dibandrol dengan harga sebesar $1800. Jadi, bagaimana kinerjanya?, Well, ibarat pegulat Sumo sedang sprint 100 meter, bisa Anda bayangkan? ini bukanlah sebuah laptop dalam arti yang sebenarnya. Meskipun bisa dibawa kemana-mana, tapi kita sama saja dengan menggendong Anak berumur sekitar 3-4 tahun kemana-mana.

ISTILAH-ISTILAH HACKING




  • Patch : Perbaikan terhadap bug dengan mengupdate sistem yang vurnerable


  • Vurnerable : Sistem yang memiliki bug sehingga rentan terhadap serangan.


  • RFI (Remote File Inclusion) : penyisipan sebuah file dari luar ke dalam sebuah webserver dengan tujuan script didalam akan dieksekusi pada saat file yang disisipi di-load


  • Bug : Kesalahan pada pemrograman yang menyebabkan sistem dapat dieksploitasi atau error dengan kondisi tertentu. Dalam web hacking, terdapat beberapa bug seperti RFI, LFI, SQLi, RCE, XSS, dll.
  • LFI (Local File Inclusion) : suatu bug dimana kita bisa menginclude kan file (file yang berada didalam server yg bersangkutan) ke page yang vulnerable (vulnerable LFI maksudnya).


  • SQL Injection : salah satu jenis penyerangan yang mengijinkan user tidak sah (penyerang) untuk mengakses database server.


  • DDoS (Distributed Denial of Service) :  DoS sndiri adalah serangan dengan melakukan request terus menerus pada victim dengan tujuan untuk mghabiskan resource pada victim,seperti bandwith,memory,dll. Victim yang kehabisan resource, akan down. "Distributed" DoS adalah DoS yang di lakukan secara terdistribusi atau berjamaah dalm jumlah besar,biasanya menggunakan bot pd irc.


  • Shell : inti dari sistem operasi.Shell mengendalikan kerja sistem operasi nya.


  • Shell intepreter: bentuk antarmuka yang merupakan penghubung antara shell dengan brainware. Bentuk umumnya berupa console,cmd,webshell,dll.


  • Deface : merubah tampilan halaman suatu website secara illegal


  • Debug : kegiatan mencari bug pada aplikasi dan memperbaiki bug yang di temukan.


  • XSS : suatu cara memasukan code/script HTML kedalam suatu web site dan dijalankan melalui browser di client


  • Phising : tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, password, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit anda secara ilegal.


  • Keylogger  : mesin atau software yang dipasang atau diinstal di komputer agar mencatat semua aktivitas yang terjadi pada keyboard (bekerja diam diam alias tidak terketahui oleh kita secara kasat mata)


  • Fake Login : Halaman tiruan/palsu yang dibuat untuk mengelabui user, bertujuan untuk mencuri informasi penting dari user (eg. username, password, email). Seperti pada kasus pencurian email n password Friendster, Facebook, dll.


  • Fake Process : Proses tiruan yang dibuat untuk menyembunyikan nama proses asli, bertujuan untuk mengelabui admin sistem. Seperti mem-fake "./backdoor" menjadi "usr/sbin/httpd", sehingga ketika di "ps -ax", proses "./backdoor" berubah menjadi "usr/sbin/httpd".


  • Malicious Code/Script : Kode yg dibuat untuk tujuan jahat atau biasa disebut kode jahat.


  • Virus : Kode jahat yg sistim kerjanya seperti virus pada manusia, menggandakan diri dan seperti parasit menopang pada file yg diinfeksinya. File yg terinfeksi menjadi rusak atau ukurannya bertambah. Sekarang kode jenis ini akan sangat mudah terdeteksi pada aplikasi yg memeriksa crc32 dari dirinya.


  • Worm (Cacing) : Kode jahat yang sistim kerjanya seperti cacing, menggandakan diri dan menyebar, tidak menopang pada file. Kebanyakan di Indonesia adalah kode jenis ini.


  • Trojan (Horse) : Kode jahat yang sistim kerjanya seperti kuda trojan pada zaman kerajaan Romawi, masuk ke dalam sistem untuk mengintip dan mencuri informasi penting yang ada didalamnya kemudian mengirimnya kepada pemilik trojan.


  • Backdoor : pintu belakang untuk masuk ke sistem yang telah berhasil d exploitasi oleh attacker. Bertujuan untuk jalan masuk lagi ke sistem korban sewaktu2.


  • Bind : membuka port pada kompi korban.Biasanya untuk tujuan backdooring. Bind umumnya disertai service2 yang langsung mengakses shell.


  • Back connect : mendapatkan koneksi balik atau mengkonek-kan kompi korban ke kompi kita.


  • Port : secara bahasa artinya penghubung.Dan port terbagi atas 2 macam yaitu :
      - port fisik : penghubung antara cpu dengan hardware external.
  •           - Port service : penghubung antar service/layanan pada sistem. 
     
  • Exploit : Memanfaatkan bugs yang ditemukan untuk masuk kedalam sistem.


  • Cain dan Abel : program Recovery Password sekaligus Pengendus Jaringan dari Massimiliano Montoro. Cain dan Abel mudah digunakan untuk pemula karena lebih enak dilihat untuk mata pemula seperti saya . program Cain dan Abel itu terdiri dari dua buah program yang terpisah. Cain, sang kakak, adalah program dengan tampilan pengendus yang sebenarnya dan memang langsung dipasang saat anda selesai menginstal, dimana Abel, si adik, adalah jenis trojan yang menjadi remote console pada mesin target, dan tidak langsung diinstal karena otomatis jalan saat sang kakak (cain) di jalankan


  • Port : Sederhananya adalah sebuah colokan, dimana colokan tersebut menyediakan layanan (service) tertentu.Pada hardware komputer terdapat USB Port, Serial Port, Printer Port, dll.Pada sistem operasi, port ini abstrak, tidak kelihatan seperti port2 pada hardware. Contoh: FTP Port (21), SSH Port (22), Telnet Port (23), HTTP Port (80), dll.

TUTORIAL MERAKIT KOMPUTER


*PROSESOR
  1. PERSIAPKAN SOKET PROSESOR PADA MAINBOARD DENGAN MEMBUKA ATAU MENARIK DAHULU TANGKAI SOKET KE ATAS AGAR TIDAK TERKUNCI.
  2. LETAKKAN PROSESOR PADA SOKET YANG DISESUAIKAN DENGAN TANDA TITIK ATAU SISI PROSESOR YANG MIRING SAMA DENGAN POSISI YANG ADA PADA SOKET DENGAN BENAR DAN RAPAT.
  3. KUNCI KEMBALI SOKET PROSESOR TERSEBUT DENGAN MENURUNKAN TANGKAI SOKET SAMPAI TERKUNCI DENGAN BAIK.
  4. OLESKAN PASTA SECUKUPNYA PADA BAGIAN ATAS PROSESOR YANG AKAN DIPASANGKAN HEATSINK.  
*MAINBOARD 
  • BUKA PENUTUP CASING BAGIAN KANAN DAN KIRI.
  • PASTIKAN BAGIAN SISI KIRI CASING ATAU BAGIAN YANG KOSONG (TIDAK TERDAPAT PLAT ATAU LEMBARAN BESI YANG MENUTUPNYA SEPERTI PADA BAGIAN KANAN CASING) MENGHADAP KE ATAS.
  • PASANG KAIT PLASTIK ATAU BAUT YANG BIASANYA DISEDIAKAN PARA PRODUSEN PADA LUBANG YANG ADA PADA BAGIAN PLAT BESI DI CASING.
  • MASUKKAN MAINBOARD SECARA PELAN-PELAN DAN HATI-HATI DARI ATAS SISI YANG TERBUKA KE DALAM MAINBOARD. PASTIKAN POSISI LUBANG KECILNYA BERTEMU DENGAN KAIT PLASTIK YANG SUDAH TERPASANG SAMBIL MENEKAN PELAN-PELAN HINGGA TERKUNCI, SEHINGGA POSISI MAINBOARD PAS MENEMPEL PADA LEMBARAN BESI DI DALAM CASING DENGAN BENAR DAN BAIK.
  • UNTUK MENGHINDARI TERJADI PERGESERAN PADA MAINBOARD DI DALAM CASING, SEBAIKNYA SETIAP LUBANG PADA MAINBOARD YANG MASIH KOSONG DIBERI BAUT DAN DIKUNCI DENGAN BAIK PADA LEMPENGAN BESI CASING.
  • PASTIKAN MAINBOARD TERPASANG DENGAN BAIK DAN TIDAK GOYANG. 

 *FAN PROSESOR

          

         1.PASANGKAN KIPAS HEATSINK DI ATAS 
            PROSESOR       
            DENGAN BENAR DAN TETAP HINGGA TERKUNCI 
            DENGAN BAIK SEHINGGA TIDAK GOYANG ATAU 
            TAMPAK AKAN LEPAS KEMBALI.    



         


         

         2.HUBUNGKAN KONEKTOR POWER KIPAS 
            HEATSINK       
            PADA SOKET POWER YANG ADA PADA MAINBOARD.




 



3.PASTIKAN KEMBALI PROSESOR DAN HEATSINK 
   SUDAH 
   TERPASANG DENGAN BENAR DAN BAIK. PASANG 
    MUR 
    DAN BAUT PADA SETIAP SISI HEATSINK.




*MEMORI



1.SESUAIKAN CELAH YANG ADA PADA BAGIAN BAWAH    
   RAM DENGAN CELAH SLOT DDR YANG ADA PADA 
   MAINBOARD.
 

2. PASANGKAN RAM KE SLOT PADA MAINBOARD 
    DENGAN MEMEGANG SALAH SATU SISI BAGIAN 
    DENGAN TANGAN KANAN DAN BAGIAN SISI YANG 
    LAINNYA DENGAN TANGAN KIRI.
 

3. PASTIKAN KLIP KEDUA SISI SLOT DDR YANG 
    BERWARNA PUTIH PADA MAINBOARD SUDAH 
    TERBUKA ATAU DIGESER KE SAMPING.
 

        4.TANCAPKAN RAM KE SLOT DDR PADA MAINBOARD DENGAN MENEKAN KEDUA 
            BAGIAN SISI YANG DIPEANG SECARA PELAN-PELAN DAN HATI-HATI HINGGA      
            KLIP PADA DUA SISI SLOT DDR PADA MAINBOARD TERKUNCI DENGAN BENAR 
            DAN BAIK.   
        5. PASTIKAN KEMBALI RAM SUDAH TERPASANG DENGAN BENAR DAN BAIK.
 
*CARD ADD ON 

      1.PASTIKAN CASING TETAP DALAM POSISI TIDUR
           
      2.TANCAPKAN CARD ADD ON PADA SLOT YANG TERSEDIA. SESUAIKAN DULU JENIS CARD YANG AKAN DIGUNAKAN.
      
      3.PASANG CARD TERSEBUT DENGAN HATI-HATI. TEKAN TEGAK LURUS DENGAN BIDANG MAINBOARD DAN PASTIKAN CELAH PADA CARD SESUAI DAN PAS DENGAN CELAH SLOT YANG ADA PADA MAINBOARD.
         4.KUNCI CARD TERSEBUT AGAR TIDAK MUDAH LEPAS DENGAN MEMASANG  
            BAUT PADA BAGIAN ATAS CARD KE BELAKANG BAGIAN CASING YANG SUDAH 
            TERSEDIA.
         5.PASTIKAN CARD TERPASANG PADA SLOT YANG BENAR DENGAN BAIK DAN 
            TIDAK GOYANG DAN LEPAS.

*KABEL POWER
        1.PASTIKAN CASING TETAP DALAM POSISI 
           TIDUR.
         
         
         2.TANCAPKAN CARD ADD ON PADA SLOT  
             YANG TERSEDIA. SESUAIKAN DULU JENIS 
             CARD YANG AKAN DIGUNAKAN.
         
         
 3.PASANG CARD TERSEBUT DENGAN    HATI-HATI. TEKAN TEGAK LURUS 
    DENGAN 
    BIDANG MAINBOARD DAN PASTIKAN CELAH PADA CARD SESUAI DAN PAS 
    DENGAN CELAH SLOT YANG ADA PADA MAINBOARD.

4.KUNCI CARD TERSEBUT AGAR TIDAK MUDAH LEPAS DENGAN MEMASANG 
   BAUT PADA BAGIAN ATAS CARD KE BELAKANG BAGIAN CASING YANG SUDAH 
   TERSEDIA.

5.PASTIKAN CARD TERPASANG PADA SLOT YANG BENAR DENGAN BAIK DAN 
   TIDAK GOYANG DAN LEPAS.
   
*KABEL IDE, AUDIO, POWER STORAGE &
  JUMPER

         1. PASTIKAN CASING MASIH TETAP BERDIRI.

         2. SEBAGAI PENGGANTI BAUT, PASANGKAN PENGAIT PLASTIK YANG AKAN          
             MENGHUBUNGKAN HARDDISK ATAU OPTICAL DRIVE DENGAN CASING. 
             PASANGKAN PERANGKAT TERSEBUT DENGAN POSISI KONEKTOR DAN 
             INTERFACENYA (IDE / SATA) MENGHADAP KEDALAM SESUAI DENGAN   
             DUDUKAN 
             YANG ADA DI CASING. APABILA MENGGUNAKAN BAUT, JANGAN LUPA UNTUK 
              MENGENCANGKAN BAUT.
          
          3. PASANGKAN PERANGKAT TERSEBUT PADA KEDUDUKAN YANG SUDAH ADA 
              DARI BAGIAN DEPAN LUAR CASING, DENGAN TERLEBIH DAHULU MEMBUKA 
              PENUTUP PLAT PLASTIK YANG BERADA DI BAGIAN DEPAN CASING.
          
          4. PASTIKAN KEDUDUKAN HARDISK DAN OPTICAL DRIVE TERSEBUT SUDAH 
              TERPASANG DENGAN BAIK DAN TIDAK GOYANG.
          
          5. PASANGKAN KABEL POWER PSU KE SLOT KONEKTOR HARDDISK ATAU 
              OPTICAL DRIVE DENGAN POSISI YANG BENAR DAN BAIK, KONEKTOR KABEL 
              POWER TIDAK AKAN BISA MASUK KE SLOT KONEKTOR YANG ADA PADA 
              KEDUA PERANGKAT TERSEBUT.
         
          6. PASANGKAN SATU ISI KONEKTOR KABEL INTERFACE IDE / SATA PADA SLOT 
              KONEKTOR IDE / SATA PADA MAINBOARD DENGAN POSISI YANG BENAR DAN 
              BAIK, JIKA TERBALIK KONEKTOR TIDAK AKAN BISA MASUK DAN TERPASANG. 
              KEMUDIAN PASANGKAN SATU SISI YANG LAINNYA PADA KONEKTOR YANG 
              ADA PADA KEDUA PERANGKAT TERSEBUT. UNTUK INTERFACE IDE KABEL 
              POSISI BAGIAN GARIS BERWARNA MERAH PADA KBEL TERSEBUT AKAN 
              BERTEMU DENGAN SISI MERAH KABEL POWER PSU.